jump to navigation

teknik fisika Januari 18, 2009

Posted by agung in Uncategorized.
trackback

Saya tertarik dengan teknik fisika karena sesuai dengan cita-cita saya sebagai sarjana teknik. Sedangkan jurusan fisika karena saya ingin mendalami dalam bidang energi terbarukan. Engineering Physics adalah disiplin ilmu yang tumbuh seiring dengan dan sebagai tanggapan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. tekfissetefis2Teknik fisika mendekatkan dan turut serta dalam berbagai kegiatan riset ilmu-ilmu terapan yang mendukung pengembangan perekayasaan dan teknologi. Pada saat ini, para lulusan disiplin-disiplin perekayasaan dan teknologi yang dikelola sesuai dengan pembagian disiplin ilmu-ilmu teknik secara tradisional umumnya menghasilkan lulusan dengan keahlian spesifik dan terspesialisasi. Hubungan antar disiplin perekayasaan dan teknologi tersebut dengan ilmu-ilmu dasar murni dan ilmu dasar terapan belum terjembatani. Adanya engineer yang dibekali dengan basis matematika dan fisika yang kuat dan cukup lebar dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan dan pemanfaatannya secara cepat di sektor-sektor industri dan dunia usaha. Program studi Teknik Fisika dengan demikian dapat memasuki seluruh tahap proses hulu ke hilir dalam aplikasi ilmu-ilmu dasar, ilmu-ilmu terapan hingga di sektor hilir pada pengembangan engineering dan pemanfaatan teknologi.Oleh karena itu Teknik fisika mampu bergerak di garis technologi baru. Disamping itu, perkembangan yang cepat dari teknologi mutakhir memerlukan insinyur-insinyur yang mempunyai kemampuan antar-disiplin dan mampu dengan cepat mengasimilasikan dirinya untuk memanfaatkan kemajuan-kemajuan terakhir dari ilmu pasti dan alam. Seorang mahasiswa Teknik Fisika akan mendapatkan bekal yang cukup ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika dan matematika) serta ilmu-ilmu keteknikan dari berbagai cabang (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material). Integrasi dari ilmu-ilmu pengetahuan ini sangat diperlukan untuk pengembangan teknologi tinggi, baik yang berlangsung saat ini maupun yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

Saya ingin berkerja di dalam institusi dalam bidang energi terbarukan. Energi terbarukan saat ini banyak dibicarakan di dunia. Energi terbarukan merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui dalam jangka waktu yang masuk akal, artinya tidak sampai ribuan/jutaan tahun sumber energi ini dapat terbentuk kembali. Sedangkan energi alternatif belum tentu terbarukan tetapi menawarkan metode baru yang lebih baik dalam menggunakan sumber daya energi di alam, misalnya teknologi nuklir, teknologi penangkap karbon, pencairan batu bara. Alasan klasik mengapa kita harus menggunakan energi terbarukan/alternatif dalam mencukupi kebutuhan energi kita adalah energi fosil yang saat ini menjadi sumber energi primer dunia tidak akan lagi dapat bertahan lama dan dampak buruk ke lingkungan yang makin meningkat. Dampak lingkungan nyata pada lingkungan saat ini adalah efek dari pemanasan global. Mungkin di masa depan dampak buruk ke lingkungan dari pembakaran sumber energi fosil akan lebih dahulu menyengsarakan umat manusia sebelum kita kehabisan sumber energi fosil. Alasan lain adalah energi fosil terlalu berharga apabila hanya dibakar untuk memenuhi kebutuhan energi kita. Terdapat nilai lebih lain dari energi fosil ini Oleh karena itu energy terbarukan ini memiliki prospek yang menjanjikan. Namun tidak hanya mencari kerja tetapi biasa menjadi kontraktor. Dalam hal ini saya dapat lebih mengembangkan ilmu saya dan mengrekrut teman_teman yang cocok dengan bidang saya.

Lulusan Teknik Fisika bekerja di berbagai industri sebagai insinyur profesional di bidang instrumentasi dan kontrol , akustik dan teknik pencahayaan , teknologi bahan , serta tata udara , staf peneliti di bidang teknologi terapan, staf pengajar di institusi pendidikan. Kelebihan yang spesifik dari lulusan Teknik Fisika adalah kemampuannya untuk bekerja dengan sistem yang melibatkan secara simultan banyak aspek fisika dan teknik.

Meskipun demikian, dunia industri di Indonesia pada umumnya hanya mengenal keahlian instrumentasi dan kontrol adalah keahlian dari alumni Teknik Fisika. Sehingga profesi insinyur instrumentasi , insinyur pengendalian, dan lain-lainnya selalu ditempati oleh para insinyur lulusan Teknik Fisika.

Komentar»

1. doni - Januari 9, 2010

bagus gung lanjutkan perjuanganmu,,teknik fisika makin jaya dari waktu ke waktu karena bidang ilmunya yang luas,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: