jump to navigation

Candi Prambanan!! Candi Borobudur!! Mei 11, 2011

Posted by agung in melancong.
Tags: , , ,
trackback

Oke kali ini jalan jalan maning gan, tepatnya ke prambanan dan borobudur.  kedua objek wisata ini tepatnya di provinsi jawa tengah , tpi dalam promosi wisatanya entah kenapa masuk JOGJA gan..trus ada yg nanya “uang nya masuk mana???” ane juga ga tau gan.. hahaha. Jalan kali ini berbeda gan, soalnya ane bersama temen ane ada yg dari palembang Bimo, bekasi si Oji, saatu lagi dari India Raj(import).jarang2 lho!!!

Dalam jalan jalan ini ane jadi tour guide, sopir, dan nginep dirumah ane.. rute perjalanan bermulai dari jakarta wonogiri karang anyar magetan wonogiri(lagi) jogja(prambanan)magelang(borobudur) jogja(belanja,istirahat) wonosari(pantai) wonogiri lagi trus balik jakarta tolal perjalanan 6hari.. kalau diitung2 semua provinsi dipulau jawa kena semua dari banten(kampusku) sampai jawa timur.. tapi di postingan kali ini ane fokus aja di Prambanan sama Borobudur..

First, Perjalanan ke candi prambanan dimulai dari rumah ane di wonogiri jam 7 pagi tepat tujuan utuma prambanan. sebelumnya kami makan pagi packing trus persiapin mobil dll,perjalanan mengnakan mobil Kijang LGX tahun 1998 1800cc karburator. ga terlalu boroslah buat jalan jauh.Pas pergi ini adik ane yg SD ikutan gan, ngebet bgt dia pengen ikut! okelah ane ajak aja.. Kebetulan juga hari sabtu minggu jalannya.. jalanan rumah ane ke jogja kurang lebih 120km lah.. perjalanan ke jogja via klaten. dan kebetulan di klaten ada tempat temen ane kampus gan sekalian pengen tau posisinya dimana ane samperin aja ke rumahnya yang tepat dipingir jalan besar menuju Jogja. teman ane ini namanya masbro iksan.. setelah beberapa saat kamipun melanjutkan perjalanan ke prambanan. alhasil sampailah kami disana sekitar jam 10, Parkir trus masuk.

oji raj bimo bowo ane

oji raj bimo bowo ane

Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi

Next, setelah puas foto2 disini ane bersama arek2 makan sing sekalian Solat dulu sebelum melanjutkan perjalanan. apa sing di makan??? maknnya pecel plus tempe goreng.. dmn? diplataran candi prambanan… hahaa .. cukup murah tur enak.. hahaa. perjalanan menuju magelang cukup padat siang itu tak seperti biasanya, jalan pun santai +- 60kmpj perjalanan sejaman sudah nyampe disana(Borobudur) langsung aja parkir trus masuk.. ane cukup capek mau naik ke candi, tapi tetep aja naik sampai pucuk candi borobudur. disini sudah jam 3 an,, cukup sore ga terlalu panas lagi..

oji bowo raj

oji bowo raj

Siapa tak kenal Candi Borobudur? Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Jutaan orang mendamba untuk mengunjungi bangunan yang termasuk dalam World Wonder Heritages ini. Tak mengherankan, sebab secara arsitektural maupun fungsinya sebagai tempat ibadah, Borobudur memang memikat hati.

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.

Last, setelah cukup lelah dan capek dan sore juga sekitar jam setengah 6 kamipun meluncur ke jogja buat nyari oleh2 plus istirahat malam itu. untuk tempat isitahat di kontrakan ane dulu di jogja passnya deket JEC,. disana untung ada kamarnya masbro Luhung yg bersedia dipake dulu,, matur nuwun lho..hehe

About these ads

Komentar»

1. Interisti - Mei 11, 2011

saya ndak diajak.. hikksss :’(

agung - Mei 11, 2011

lha mbiyen ga melu koe… ayo neng lombok masbro?

Interisti - Mei 12, 2011

ayo aj, tp tergantung modal. sejuta aj kurang itu pak dhe? pantaskah mahasiswa yg msh menyusu berlibur habis sejuta lebih? hihihi

agung - Mei 12, 2011

iya dicukup2 ne om hanry..!! hahaaa,, modal nekat!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.874 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: